Minggu, 16 Januari 2011

[BUKU] Queen of The East



Judul: Queen Of The East
Penulis: Yanti Soeparmo
Penerbit : Pro-U Media
Harga: Rp. 40.000,-


Sebuah kapal bernama Queen of the East, melepas sauh menuju Hindia, the Tropical Holand. Negeri yang menjanjikan seribu keindahan. Sebuah kapal yang darinya tersembul berbagai harapan: dua mahasiswa pribumi pulang menyelundupkan benda rahasia demi mendukung perjuangan kemerdekaan; orang-orang Belanda menyeberang untuk sekadar pulang ke negeri jajahan, ada pula yang mengadu nasib di negeri orang.


Namun ia juga menyimpan kengerian: tiga kompi pasukan didatangkan untuk membungkam perlawanan pejuang kemerdekaan; dan tak kalah mengerikan, seorang agen rahasia disusupkan untuk memecah-belah sebuah elemen masyarakat Hindia agar sibuk berkonflik dan absen dari perjuangan.

Banyak kepentingan dibawa, dan banyak konflik timbul dalam perjalanan; pembunuhan, fitnah dan ancaman dilancarkan. Bagaimana nasib para penumpang? Apakah mahasiswa Indonesia berhasil membawa barangnya dengan selamat? Apakah agen rahasia itu berhasil menjalankan misinya? Bagaimana dengan 366 personel pasukan penjajah yang turut serta, apakah mereka sampai ke Hindia?

Sebuah novel yang mencoba menggambarkan realita sejarah dengan sangat elegan, sekaligus menarik untuk dibaca.

Itu Ooppie ambil dari tulisan yang ada dibelakang buku. Hihihi

Novel ini seru juga sih untuk dibaca. Sekali baca ini novel harus cepet kelar bacanya. Setting cerita ada di kapal yang terdiri dari beberapa bangsa.
Ada bangsawan Belanda, Tentara Belanda, pelajar Indonesia yang belajar di Belanda, orang keturunan Arab, dan nahkoda yang mata duitan.

Selama 30 hari mereka yang ada di dalam kapal menjalani petualangan yang menegangkan. Tapi sayang ada beberapa bagian yang kisahnya di ulang-ulang, sehingga pembaca pun agak bosan membaca bagian itu.

Tapi secara garis besar keseluruhan, novel ini cukup menggugah dan memberikan banyak inspirasi bagi bangsa. Perjuangan mereka menempuh kemerdekaan, bagaimana orang-orang kafir sedemikian rupa berusaha merusak akidah.
Hmm...

0 coretan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...