Jumat, 14 Mei 2010

[FILM] City of Ember


City of Ember adalah sebuah film yang diangkat dari buku karya Jeanne Duprau yang berjudul sama, City of Ember. Bukunya sekitar tahun 2003 di luar negeri, tapi masuk Indonesia kayaknya baru 2008. Nggak tahu dink! Hehehe…

Ember adalah nama kota yang memiliki tingkat kegelapan sepanjang malam. Ember dibangun oleh para pendiri untuk jangka waktu 200 tahun, tak ada yang mengetahui hari itu siang atau malam, yang ada hanya jam utama yang terletak di pusat kota, tepatnya tempat kediaman walikota. Pendiri Ember telah mewariskan sebuah kotak yang suatu saat akan terbuka dengan sendirinya kepada walikota Ember. Tetapi, seorang walikota yang tidak bertanggungjawab mencoba memaksa membuka kotak, walaupun akhirnya tidak berhasil dan Ia membuangnya tanpa sempat memberitahukan kepada walikota selanjutnya tentang wasiat itu.



Tahun ini, sudah memasuki 241 tahun, Lina Mayfleet dan Doon Harrow adalah dua orang anak yang tinggal di Ember. Saat itu keadaan Kota Ember sudah benar-benar mengkhawatirkan. Lampu kotanya sudah mulai padam dan persediaan makanan sudah mulai habis.



Doon bekerja sebagai pekerja pipa yang bertugas membetulkan pipa. Tujuan utamanya adalah Ia ingin melihat cara kerja generator dan ingin mencoba membetulkannya. Supaya Ember tidak lagi krisis cahaya. Pekerjaan Lina adalah pengantar pesan, tetapi dia kemudian memanfaatkan pekerjaan itu dengan mencari informasi karena Ia menemukan kotak yang berisi instruksi mengenai penyelamatan Kota yang kertasnya sudah sobek.

Lina tak sengaja menemukan kotak warisan dari pendiri itu. Ia menemukannya karena nenek Lina pada saat itu menyebut-nyebut kotak penting seperti mengigau, saat Lina menemukannya, kotak itu sudah terbuka dan isinya sebagian sudah di makan oleh Poppy – adik Lina yang mungkin berumur 3 tahun – karena penasaran, Lina akhirnya menyusun sobekan-sobekan kertas itu menjadi satu, namun karena ada beberapa bagian yang hancur, Lina tidak bisa membaca secara keseluruhan pesan di situ. Tapi Ia menyimpulkan bahwa pesan itu penting.

Ia kemudian mencari orang yang dapat mempercayainya, dan Ia hanya menemukan Doon yang sebagai teman satu almamaternya. Tatkala Lina dan Doon akhirnya menemukan arti kata dalam surat itu, Lina kemudian bertugas untuk menemui walikota, agar pada saat acara menyanyi untuk kota nanti, walikota bisa memberitahukan bahwa ada jalan untuk keluar dari kota Ember. Namun apalah daya, rupanya Lina dikhianati oleh sekretaris walikota yang ternyata hanya memihak walikota saja tanpa menghiraukan keselamatan warga. Walikota pun segera merebut kotak yang dibawa oleh Lina, tepat pada saat itu, lampu kota semuanya padam dan Lina memanfaatkan hal itu untuk merebut kembali kotaknya serta mengambil sebuah bandul yang dipakai oleh walikota.

Lina kemudian segera lari, sebelumnya Ia menuju ke kerumunan warga untuk mencari Poppy yang berada di kerumunan anak-anak.
Lina, Doon, dan Poppy kemudian menuju ke ruang pipa di mana disitulah instruksi di mulai. Mereka kemudian mencari-cari pintu rahasia dan menemukan ternyata loker-loker yang selama ini digunakan oleh Don untuk menyimpan barangnya adalah sebuah perahu. Mereka kemudian dituntun hingga sampai di sungai bawah tanah, dan disitulah ada instruksi lagi bahwa mereka harus menaiki perahu.

Spoiler!!!
Doon dan Lina akhirnya berhasil melewati rintangan perahu dan mereka mendarat di sebuah gua, setelah mereka menaiki tangga yang cukup banyak. Mereka akhirnya sampai di dataran yang luas dan takjub melihat sinar matahari yang terbit.

Mereka terpana dengan cahaya yang melimpah di situ, di kota Ember mereka tidak akan mendapatkan cahaya lebih itu. Mereka kemudian melongok ke sebuah rongga. Rupanya disitu ada sebuah lubang yang dalam dan di dalam lubang yang dalam itu, ada setitik cahaya yang merupakan kota ember. Mereka memutuskan untuk memasukkan pesan ke dalam lubang itu, berharap agar seseorang bisa menemukan pesan itu dan memberitahukan teman-teman Embernya untuk bisa keluar dari kota Ember.


CHARACTERS
Saoirse Ronan as Lina Mayfleet

Harry Treadway as Doon Harrow (kayaknya dia yang jadi adiknya Peter Pevensie yang di Narnia)

Bill Muray as Walikota Cole

Toby Jones as Barton Snode, asisten walikota Cole

Martin Lundau as Sul, teknisi yang bekerja di jaringan pipa dan sebagai mentor Doon

Tim Robbins as Loris ‘Barrow’ Harrow, ayah Doon

Liz Smith as Granny Mayfleet

Lucinda Dryzek as Lizzie Bisco, teman sekelas Lina dan Doon

2 coretan:

yullu spot mengatakan...

wah kedeluanan OOppie bikin sinopnya.. adahal baru motong" foto adegannya... udah nonton filmnya belum say?? _lulu_

ooppie mengatakan...

Sutda dunkz... hihihi

filmnya lumayan, opi tu gagh pakeg motong" gambar uq, tapi nyarig di internet smua gambarnya.. hehehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...