Jumat, 24 Agustus 2012

Cantik dengan Halal


Apa sih yang membuat kamu cantik??
Pertanyaan ini pasti akan memunculkan banyak jawaban yang bermacam-macam dengan berbagai latar belakang pemikiran
Ada yang bilang cantik itu berasal dari kosmetik yang Ia kenakan, ada yang bilang cantik itu dari dalam, ada yang bilang cantik itu bawaan dari lahir.
Sebenarnya jawaban itu tidak ada yang salah. Seseorang yang dilahirkan dengan wajah cantik tentu akan sangat bangga memamerkan wajahnya di kalangan publik. Tapi seseorang yang memiliki anugrah wajah pas-pas an bisa di sulap dalam waktu setengah jam menjadi seorang yang cantik luar biasa.

Cantik itu jika dirawat secara teratur akan memunculkan cantik yang benar adanya.
Sekarang ini, para wanita mulai dari remaja hingga dewasa berlomba-lomba menjadi seorang yang cantik dan nampak elok dipandang. Kosmetik dikenakan untuk menambah daya tarik. Tampil biasa saja kini tak terlalu menggairahkan, yang dandan dan cantik itu lebih dipandang.

Berbagai kosmetik bermunculan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang membludak karena permintaan tinggi. Iklan di TV tak kalah gencar dalam mengenalkan produk kosmetik. Namun apakah semua itu baik?
Fakta membicarakan ada beberapa orang yang mengeluhkan tentang ketidakcocokan dalam penggunaan kosmetik atau bahkan adanya penipuan bahan yang dipergunakan dalam kosmetik. Penggunaan alkohol yang berlebih dalam kosmetik juga dapat memunculkan alergi maupun dampak yang akan terjadi jika digunakan berkepanjangan.

Namun, jangan panik dulu. Bagaimana dengan solusi kosmetik halal yang sekarang ini sudah semakin gencar dan maju. Juga mampu membuktikan bahwa dengan kosmetik halal, kita juga bisa tampil cantik.

Memang kosmetik halal itu yang seperti apa?
Saya sendiri bukan seorang pakar kosmetik yang memiliki ilmu tentang pemilihan kosmetik yang baik. Saya hanya mendapat ilmu dari beberapa blog.
Kosmetik halal tentu saja kosmetik yang memiliki sertifikat dari MUI, itu cara termudah menentukan apakah kosmetik tersebut halal atau tidak.

Bagaimana bisa kosmetik tersebut di katakan halal?
MUI memiliki klasifikasi tersendiri dalam hal menentukan halal dan haram. Untuk orang awam yang tak tahu mengenai istilah-istilah dalam komposisi kosmetik pasti akan kesulitan menentukan apakah produk tersebut halal atau tidak, tetapi apabila ingin mengetahui lebih dalam maka kosmetik halal bisa ditentukan dengan :
Apakah berasal dari hewan haram? Seperti glyserin yang menghaluskan kulit, kolagen yang menjaga elastisitas kulit, Asam Alfa Hidroksi (AHA) yang berguna menghilangkan keriput. Apakah bahan-bahan tersebut berasal dari hewan haram atau tidak, itu perlu dicermati.
Apakah bahannya mengandung plasenta manusia? Penggunaan plasenta manusia maupun hewan sudah dilarang MUI. Plasenta memang bermanfaat untuk menghilangkan kerutan pada kulit, tetapi hal tersebut bukanlah alternatif yang baik untuk mendapatkan wajah yang cantik.
Apakah bahan yang digunakan berbahaya?
Tentu saja halal juga berarti melindungi konsumen dari bahan-bahan yang justru merusak seperti mercuri maupun hidroquinon. Mercuri dianggap dapat memicu kanker sedang hidroquinon bisa memicu alergi dan iritasi.

Cantik luar itu baik apalagi ditambah dengan cantik dalam. Seorang wanita akan tampak sangat menarik.

 

0 coretan:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...