Jumat, 27 Mei 2011

[BUKU] De Winst

Liburan ini ada beberapa novel yang udah aku selesaiin. Masih ada satu novel Bumi Cinta karyanya Habiburrahman yang belum diselesaikan. Coz masih eman-eman ntar kalo nggak punya bacaan lagi. wkwkwk . jadi nggak langsung tak baca. Kali ini aku mau bikin resensi karya Mb' Afifah Afra.

DE WINST


Judul Buku: De Winst: Sebuah Novel Pembangkit Idealisme
Penulis: Afifah Afra
Penerbit: Afra Publishing, Indiva Media Kreasi
Waktu Terbit: Januari 2008
Halaman: 336; 20,5 cm

Rangga Puruhita berhasil menyelesaikan studinya di Belanda. Ia pun berniat untuk kembali ke Hindia Belanda mengamalkan ilmu yang telah Ia dapat dari negara yang menjajahnya selama berabad-abad. Rama nya juga telah memintanya untuk pulang apabila Ia telah lulus. Karena Rama-nya ingin Rangga bekerja di tanah kelahirannya. Rangga pulang dengan kapal yang menuju Hindia Belanda. Di dalam kapal Ia bertemu dengan Everdine Kareen Spinoza yang seorang holland tetapi ia memiliki pemikiran terbuka terhadap kemerdekaan Indonesia.


Sejak kecil Rangga sudah dijodohkan dengan Sekar Prembayun. Dia adalah adik sepupu dari ayahnya. Tetapi Rangga tidak mengenal siapa itu Sekar, Ia berusaha menolak perjodohan itu karena sudah ada Everdine di hatinya. Namun tradisi Jawa yang sangat kental membuatnya tidak bisa menolak. Justru Sekar yang secara terang-terangan berani menolak perjodohan itu. Karena sebenarnya Sekar sudah memiliki pujaan hati yang bernama Jatmiko

Gejolak untuk segera merdeka dari penindasan kaum irlander membuat para pemuda membentuk Partai Rakyat. Mereka selalu mengusung kemerdekaan disetiap pidato mereka. Sekar Prembayun merupakan aktivis Partai Rakyat yang berjuang dengan tulisannya di media massa.

Setelah pulang dari Belanda, Rangga diminta ramanya untuk bekerja di pabrik gula De Winst yang juga milik kaum irlander. Dari situ Rangga bertemu dengan seorang pemuda bernama Kresna. Ia selalu memihak kaum buruh yang lemah dan selalu mencerca para petinggi De Winst yang telah memakan keringat para buruh secara semena-mena.

Tiba-tiba saja Evardine Kareen Spinoza yang selama ini sangat Rangga dambakan bertemu dengannya. Muncul di Solo dengan bersuamikan Thijsse, orang yang dulu pernah mencoba Everdine saat acara di Jakarta dan saat itu Everdine diselamatkan oleh Rangga. Rangga memutuskan untuk menutup rapat cintanya pada Everdine karena Ia tidak mau dianggap telah merebut istri orang. Namun ternyata, cinta Rangga tidak bertepuk sebelah tangan. Everdine juga mencintai Rangga.

Rangga, Everdine, Sekar, Kresna, Jatmiko, Thijsse, dan Pratiwi -ia memiliki sejarah keluarga yang misterius- menyatu dalam kisah De Winst yang dituturkan oleh Afifah Afra dengan bahasa yang sangat halus dan menyatu dalam imajinasi para pembaca.
De Winst merupakan seri pertama dari tetralogi De Winst. Penuh dengan nilai sejarah dan juga patriotisme. Wajib dibaca oleh para pemuda Indonesia yang saat ini mulai kehilangan rasa patriotismenya.

4 coretan:

Apni RF mengatakan...

wah dek wes baca ya.,,,dari jaman bahula belum pingin baca..kata temenku bagus

ooppie^,^vie mengatakan...

udah donk mb'.. emg bagus uq .
ni qu lgy mw bca sekuel yg k2nya . tp nyelesain maryamah karpov dlu . hehe

dira mengatakan...

kayaknya keren, tapi belum ada waktu nih ^^ hehe
makasih mbak!

ooppie^,^vie mengatakan...

yohee .. emang bagus uq dek .,
saya suka saya suka .

dah nggak sabar bca sekuel ke3nya . hehe

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...