Kamis, 26 Juli 2012

Batik Jeans, Trend Baru Indonesia


contoh batik jeans diambil dari blog sebelah
Batik merupakan warisan leluhur budaya Indonesia. Dahulu batik hanya digunakan oleh warga keraton saja. Setiap motif yang digoreskan pada batik mengandung makna dan status kebangsawanan tertentu. Karena banyak pengikut raja yang tinggal di luar istana, maka kesenian batik mulai berkembang di berbagai kalangan masyarakat. Semakin berkembangnya jaman, kesenian batik mulai diterapkan oleh para wanita untuk mengisi waktu luang, dan akhirnya batik menjadi pakaian yang merakyat.

Jessica Alba
Rachel Bilson
Drew Barrymore
Bahkan para artis Hollywood yang ‘katanya’ terkenal dengan fashion mereka pun juga pernah memakai batik yang identik dengan Indonesia. Sebut saja Jessica Alba, dia memakai motif batik parang rusak dalam busananya, orang awam yang tak mengenal motif-motif batik pun pasti sekilas juga langsung tahu kalau yang dipakai Jessica Alba itu adalah batik. Ada juga Rachel Bilson, pemain film New York dan Jumper terlihat mengenakan busana batik. Hal unik lagi terjadi pada Drew Barrymore, dia memang tidak mengenakan kain batik, tapi coba lihat tasnya. Wow! Batik booo….

Jenis batik Indonesia juga beragam. Ada batik tulis, batik lukis, dan batik cap. Batik tulis dilakukan dengan cara menuliskan motif-motif secara langsung dengan tangan. Batik lukis adalah proses langsung dengan cara melukiskannya pada kain. Batik cap dilakukan dengan membentuk tekstur dan pola-pola menggunakan cap. Batik cap cukup praktis dalam membentuk pola-pola batik dan menghasilkan kain batik dengan cepat karena tidak membutuhkan waktu yang lama.

Batik dulu dikenakan oleh para tetua dan juga hanya untuk acara-acara resmi. Sehingga para kawula muda kurang menyukai pakaian batik karena mereka anggap itu tidak sesuai mode sekarang. Batik juga identik dengan ‘kain jarik’ yang pemakaiannya membutuhkan waktu dan ketrampilan dalam memakainya. Namun seiring berjalannya waktu, batik sekarang memiliki mode yang sangat banyak, tak hanya menjadi busana tetapi juga digunakan dalam  tas, sepatu, bahkan hiasan untuk dinding wallpaper.

Baru-baru ini muncul variasi baru dalam penggunaan batik melalui media jeans. Jeans sendiri dibuat dari bahan Denim. Pertama kali dibuat di Genoa, Italia pada tahun 1560-an untuk angkatan laut. Kemudian pada tahun 1872, jeans dikenalkan di Amerika melalui Levi Strauss, seorang pengusaha sukses yang kemudian diajak kerjasama oleh Jacob Davis, seorang penjahit. Levi Strauss mendirikan pabrik jeansnya pada tahun 1880 yang ditujukan untuk para penambang emas di Amerika.

Sejak saat itulah jeans mulai berkembang tidak hanya dikalangan para penambang tetapi juga dikalangan masyarakat Amerika. Dari tahun ke tahun jeans mulai digemari oleh kalangan anak muda. Mereka mengenakan jeans karena kepraktisannya dan kainnya juga kuat.
Indonesia juga tak lepas dari trend busana Jeans. Kawula muda kemana-mana menggunakan busana jeans yang simple dan praktis. Gaya trendy pun merasa telah mereka dapatkan dengan mengenakan jeans. Saat ini jeans memang menjadi trend busana kawula muda Indonesia.

Berawal dari budaya Indonesia dan trend masa kini, maka muncullah batik jeans. Busana jeans yang dipadukan dengan ornamen batik. Menyesuaikan dengan gaya jeans yang trendy dipadukan dengan budaya Indonesia dan juga sebagai salah satu pelestarian budaya batik.

So, nggak ada lagi kata batik itu kuno, kampungan, udik. Batik sekarang sudah mengikuti trend busana masa kini dengan bahan dan model kekinian.


Postingan ini diikutsertakan dalam Giveaway Catatan Akhir Pekan dengan Tema Aku Cinta Batik Indonesia.

10 coretan:

Mr. Andry mengatakan...

wah batik emang keren gan

Zahrina Z. mengatakan...

kayaknya wajib punya ni =_=

Falzart Plain mengatakan...

Waw, padahal saya tahunya batik itu pakaian yang dipakai ke kondangan (itu aja)

Sarman Sagala mengatakan...

Mantabh tulisannya, keep share

ooppie^,^vie mengatakan...

Mr Andry_ yups! bangga saya punya budaya batik . hoho

Zahrina_ aq jg blm punya, di semarang, blum ada yg begituan .. huhu

Falzart Plain_ hehe.. nah skrg jd tahu kan aplikasi penggunaan batik

Sarman Sagala_ terima kasih :)

ningningocha mengatakan...

WUih, semakin banyak inovasi terbaru yg muncul utk yg namanya BATIK.
Maju terus Batik Indonesia. :)
Thx, ya. Info baru nih, betik jeans. Penasaran. seperti apa ya??? Hehehe...

ooppie^,^vie mengatakan...

@ningningocha_ sama-sama .. searching aja tentang batik jeans, beberapa daerah sudah ada yg punya produk batik jeans. hehe

Lazuli Sarae mengatakan...

Halo,

iseng2 browsing dan nyampe ke artikel ini, nice one :).

Btw, kebetulan Lazuli Sarae sudah eksplorasi Batik on Denim sejak 2010, sekarang kita baru launching koleksi terbaru "The Story of AOSAN", boleh dilihat di lazulisarae.com dan dikomen yaa.. siapa tau ada yang tertarik, he he

btw kita juga sedang ada program #LSgiveaway untuk bagi2 produk Batik on Denim GRATIS :), siapa tau tertarik bisa ikutan, check it out :
http://t.co/qUdfAO3h

Muhammad Furqan mengatakan...

Kalo bisa dalam artikelnya diberi keyword Batik Indonesia mbak dan di hyperlink ke http://www.batikrg.com :D

ooppie^,^vie mengatakan...

sudah kok.. :) tapi mungkin nggak terlalu jelas yah link nya? nnti saya perjelas..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...